Menurut Budi, pantai yang berada di NTT tersebut masuk dalam open area. Sehingga ia mengusulkan agar wilayah tersebut direkomendasikan dan ditawarkan ke KKKS untuk menjadi wilayah kerja migas

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan adanya temuan harta karun baru berupa minyak bumi yang merembes di pantai wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Eko Budi Lelono memastikan bahwa rembesan tersebut bukanlah rembesan karena tumpahan minyak, melainkan adanya kandungan minyak bumi yang muncul ketika air laut tengah surut.

Badan Geologi sendiri sudah melaporkan adanya temuan tersebut ke Kementerian ESDM untuk ditindaklanjuti. 

"Itu rembesan, kayak sumber air keluar di pantainya di NTT kalau surut itu keluar minyaknya," kata dia di Jakarta, Rabu (10/08/2022).

Menurut Budi, pantai yang berada di NTT tersebut masuk dalam open area. Sehingga ia mengusulkan agar wilayah tersebut direkomendasikan dan ditawarkan ke KKKS untuk menjadi wilayah kerja migas. 

"Itu tentu bukan kewenangan Badan Geologi, itu Dirjen Migas," kata dia.

Sementara, berdasarkan keterangan sumber, pantai NTT yang dimaksud adalah pantai Wemasa. Adapun berdasarkan sumber tersebut, peta rembesan minyak di pantai Wemasa ada di mana-mana.

"Peta rembesan ada di mana-mana. Cuma mau nyari reservoirnya di mana. Wemasa itu di open area," ujarnya.