Kader PDIP juga dipersiapkan melalui sekolah partai. Diberikan pendampingan saat menjadi kepala daerah oleh kepala daerah yang berhasil.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menanggapi deklarasi koalisi Gerindra-PKB. Bagi PDIP, urusan Pilpres 2024, PDIP tidak ingin terburu-buru.

Hasto mengatakan, calon presiden masih dipersiapkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Presiden Kelima RI ini melakukan penggemblengan terhadap capres partai berlogo banteng.

"Untuk Pilpres, semua baru digembleng oleh Ibu Megawati. Kan (pendaftaran capres) masih Agustus tahun depan,” ujar Hasto dalam keterangannya, Minggu, 14 Agustus 2022.

Hasto pun mengungkap nama calon pemimpin PDIP yang punya potensi sebagai calon pemimpin. Ia mencontohkan di Medan ada Wali kota Medan Bobby Nasution.

"Kader PDI Perjuangan banyak. Ada Mas Bobby di Kota Medan, Pak Rapidin (Ketua DPD PDI-P Sumut) juga kader hebat membawa kemajuan daerah," kata Hasto.

Kader PDIP juga dipersiapkan melalui sekolah partai. Diberikan pendampingan saat menjadi kepala daerah oleh kepala daerah yang berhasil.

Misalnya, mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang kini menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Azwar Anas terus membantu Bobby.

"Sukses di Banyuwangi, Anas didatangkan untuk bisa mendampingi Bobby Nasution sebagai Walikota Medan," ujar Hasto.

"Sehingga Kota Medan bisa bergerak lebih cepat lagi dalam membangun, dengan menyerap keberhasilan kepala daerah PDI-P di daerah lainnya," jelasnya.

Pada kepala daerah PDIP juga digembleng di sekolah partai. Beberapa waktu lalu dikumpulkan untuk membicarakan kebijakan pro rakyat.

"Anggaran pro rakyat, menciptakan lapangan kerja di tengah Pandemi, itu semua diajarkan. Termasuk menciptakan taman-taman kota agar bagaimana menjaga lingkungan menjadi asri, bersih, dan enak dipandang," ujar Hasto.