Puan kemudian meminta masyarakat untuk memberikan apresiasi secara khusus kepada seluruh pihak yang telah berada di garis terdepan untuk membantu rakyat dalam menghadapi ancaman Pandemi COVID-19

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani mengklaim kondisi dan perkembangan kasus Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19 di Indonesia selama ini mampu ditangani dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat. 

Karenanya, Indonesia menjadi salah satu negara terbaik dalam penanganan pandemi COVID-19 di dunia.

Puan meyakini, kondisi itu terwujud berkat ideologi pancasila yang diimplementasikan dalam gotong royong penanganan pandemi COVID-19 yang telah menjangkiti Indonesia sejak 2 Maret 2020 lalu.

Menurutnya, gotong royong menjadi salah satu kunci utama kekuatan pemulihan sosial dan ekonomi semasa pandemi di Indonesia.

"Alhamdulillah, berkat kerja bersama kita semua, gotong royong, Pandemi COVID-19 dapat ditangani dengan baik. Bahkan dalam rilis data Johns Hopkins University terkait penanganan COVID-19 pada tahun 2021, Indonesia dinilai sebagai salah satu negara terbaik di dunia dalam menangani Pandemi COVID-19," kata Puan dalam Sidang Tahunan MPR, Selasa (16/08/2022).

Puan kemudian meminta masyarakat untuk memberikan apresiasi secara khusus kepada seluruh pihak yang telah berada di garis terdepan untuk membantu rakyat dalam menghadapi ancaman Pandemi COVID-19.

Ia juga menilai kemampuan Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19 semakin membuktikan bahwa kekuatan gotong royong, kerja bersama, saling bantu binantu, hulupis kuntul baris, benar-benar menjadi jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia

"Terima kasih kepada tenaga kesehatan dan medis, terimakasih TNI, terima kasih Polri, terima kasih Satgas COVID-19 di pusat dan daerah, serta terima kasih para relawan kemanusiaan," ujar Puan.

Positif COVID-19 di Indonesia per 15 Agustus 2022 tercatat 6.286.362 kasus. Dari jumlah itu total kasus sembuh kini 6.076.929. Sementara itu, kasus kematian akibat COVID-19 menjadi 157.252 jiwa.