MIND ID hadir untuk mendukung pariwisata di Kawasan Danau Toba ini karena sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kehadiran Danau Toba memiliki peranan penting bagi masyarakat Sumatera Utara. Selain karena memiliki daya tarik wisata alamnya yang menjadi andalan, juga banyak wisata dari sisi kebudayaan. 

Salah satu Desa yang Bernama Lumbun Bulbul menjadi salah satu Kawasan strategis Pariwisata, dikarenakan letaknya berada di pinggiran Danau Toba dengan hamparan pasir putih yang luas. MIND ID hadir memberikan dukungan berupa pemberian fasilitas sarana dan prasarana berupa Tenda Payung di sepanjang Pasir Putih Desa Lumbun Bulbul.

Sejak tahun 2014 Dinas Pariwisata Kabupaten Toba membuka akses Pantai ini, dan Desa Lumbun Bulbul sudah ditetapkan menjadi Desa wisata berbasis home stay di Kabupaten Toba. Jumlah penduduk Desa Lumbun Bulbul ini sebanyak 249 KK yang terbagi menjadi 4 dusun. Mayoritas masyarakat sekitarnya berpenghasilan dari Bertani dan berjualan. Harapannya dengan memberikan dukungan berupa fasilitas sarana dan prasarana ini dapat menambah daya tarik wisatawan untuk hadir ke Desa Lumbun Bulbul ini.     

Niko Chandra selaku Kepala Divisi Institutional Relations MIND ID berpendapat bahwa MIND ID hadir untuk mendukung pariwisata di Kawasan Danau Toba ini karena sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“MIND ID hadir sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial Perusahaan, serta guna mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya pada pilar Lingkungan dalam rangka kota permukiman berkelanjutan,” ujar Niko.

Selain dari sektor Pariwisata Grup MIND ID melalui Inalum Operating juga turut menjaga kelestarian dari Danau Toba. Hal ini diwujudkan sejak tahun 2016 hingga 2021 Inalum Operating telah merealisasikan total 1.056 hektar penanaman pohon program konservasi Danau Toba, sedangkan pada tahun 2022, Inalum Operating menetapkan target 260 hektar penanaman pohon.

Selain Inalum, ANTAM, Bukit Asam, dan TIMAH pada tahun 2022 menetapkan target reklamasi seluas 499,26 hektar. Sampai dengan semester 1 tahun 2022, total realisasi luasan lahan kewajiban reklamasi ANTAM, Bukit Asam, dan TIMAH mencapai 231,81 hektar. MIND ID terus mendorong perusahaan Anggota dan afiliasi agar melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab operasional sesuai ketentuan yang berlaku.

Grup MIND ID meyakini bahwa salah satu bentuk praktik good mining practice dengan mewujudkan keberlanjutan dari sektor Lingkungan.

“MIND ID bertekad untuk melakukan operasi pertambangan secara bertanggung jawab, menerapkan prinsip-prinsip berkelanjutan, dan menjadi pertambangan kelas dunia. Ini sesuai dengan Noble Purpose MIND ID, yaitu We Explore: Natural Resources for Civilization, Prosperity, and Brighter Future,” tutup Niko.