Mungkin cuman Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang berani buka-bukaan soal kinerja. Lalu bagaimana suara pelaku usaha?

Ketua bidang Komunikasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Tofan Mahdi punya harapan besar Mendag Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan.

Tentu saja, harapannya positif terkait perkembangan industri sawit di tanah air. Apalagi, kontribusi sawit terhadap perekonomian nasional, cukup luar biasa. 

Kata Tofan, para pelaku usaha khususnya sektor kelapa sawit di Indonesia, memberikan nilai positif alias biru, terhadap kinerja Mendag Zulhas.

Untuk itu, Tofan berharap Kementerian Perdagangan (Kemendag) di bawah pimpinan Zulhas terus mendukung keberlanjutan usaha perkelapasawitan di Tanah Air.

“Harapan kami adalah bahwa pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan agar selalu mendukung keberlanjutan usaha perkelapasawitan di Indonesia baik di sektor hulu maupun hilir,” kata penulis buku Pena Di Atas Langit, dikutip Selasa (27/9/2022).

Mantan redaktur senior Koran Jawa Pos ini, mengakui bahwa dukungan Mendag Zulhas terkait keberlanjutan usaha perkelapasawitan sangat diperlukan. 

Apalagi, kata pria kelahiran Pasuruan, Jawa Timur ini, sektor kelapa sawit telah terbukti menjadi tulang punggung perekonomian nasional.
“Jika sektor kelapa sawit sudah hampir dua dekade telah terbukti menjadi tulang punggung perekonomian nasional khususnya dalam kontribusinya terhadap pendapatan devisa ekspor, pendapatan pajak, dan penyerapan tenaga kerja,” papar Tofan.

Selain itu, Tofan mengungkapkan, saat ini, lebih dari 17 juta petani dan pekerja di sektor kelapa sawit. Sehingga sektor tersebut harus terus dimaksimalkan.
"Ada 17 juta petani dan pekerja di sektor kelapa sawit. Ini harus dijaga keberlanjutan usahanya. Atas dasar itu, kami siap mendukung dan melaksanakan kebijakan Mendag terkait komoditas minyak sawit,” kata Tofan

Mengingatkan saja, Zulkifli Hasan yang kini menjabat Ketua Umum PAN, dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi pada 15 Juni 2022. 

Tepat di 100 hari jadi Mendag, Zulhas membeberkan capaiannya selama bergabung dalam pemerintahan Jokowi.

"Tugas yang diberikan Pak Presiden jelas, stabilisasi harga dan ketersediaan bahan pokok," kata Zulhas dalam forum Kinerja 100 Hari Zulhas sebagai Menteri Perdagangan di Kantor Kemendag, Minggu (25/9/2022).

Mendag Zulhas memaparkan keberhasilannya meredam harga minyak goreng yang mulanya di kisaran Rp16.400 per liter kini sudah turun di kisaran Rp 13.800 per liter.

Selain itu, Zulhas mengatakan pihaknya mampu memastikan ketersediaan minyak goreng di mana pasokan minyak goreng telah menjangkau 33 provinsi di Indonesia.