Surya Paloh juga menekankan, NasDem tidak bisa sendirian mengusung Anies sebagai calon presiden di Pemilu 2024 karena terbentur syarat presidential treshold

Meski mengakui tidak bisa sendirian, namun Partai Nasional Demokrat (NasDem) secara resmi sudah mendeklarasikan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden (capres) Pemilu 2024. Seperti diketahui, presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden merupakan sistem yang diterapkan dalam pemilihan presiden di Indonesia dengan ketentuan 20%  suara di parlemen. 

Deklarasi diumumkan secara langsung oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (03/10/2022).

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami yakin pikiran-pikiran dalam perspektif baik makro mikro sejalan dengan apa yang kami yakini. Kami titipkan perjalanan bangsa ke depan. Insyaallah jika Anies terpilih nantinya pimpin bangsa jadi bangsa lebih bermartabat," kata Surya Paloh.

Dia menegaskan, partainya memberikan otoritas penuh kepada Anies selaku capres untuk memilih calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya di Pemilu Presiden 2024 mendatang. 

"Soal cawapres, kalau NasDem, ya sudah kasih otoritas ke Bung Anies," ujar Paloh.

Ditegaskan Paloh, partainya tidak mau memilih cawapres bila tidak ada kecocokan dengan Anies.

"Itu belum apa-apa, cari penyakit namanya. Politik apa yang mau kita kerjakan? Mau mendapatkan kabinet yang kuat, soliditas, kekompakan, harmoni. Itu syarat utama yang gak bisa ditawar," tegasnya.

"Jadi, ketika kita yakin memilih calon presiden kita kita harus yakin juga beri kesempatan dia pilih wakil yang paling bagus untuk kamu, untuk bangsa ini'. Ini pikiran NasDem," lanjut Surya Paloh.

Surya Paloh juga menekankan, NasDem tidak bisa sendirian mengusung Anies sebagai calon presiden di Pemilu 2024 karena terbentur syarat presidential treshold.