PSI mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) deklarasikan Gubernur Jawa Tengah sekaligus kader PDI Perjuangan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024. 

Keputusan politik PSI itu mendapat respons keras PDIP. Soalnya, Ganjar adalah kader PDIP.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul meminta agar PSI berkomunikasi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Iya ngomong. Ngomonglah sama Ketum. Begitu loh, Bos," kata Pacul, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 4 Oktober 2022.

Tak hanya itu, dia pun menyinggung soal tata krama dalam politik. "Biarkan saja, itu kan urusan tata krama. Monggo saja, terserah," ucapnya.

Kendati demikian, Pacul menilai, hal itu menjadi urusan rumah tangga partai masing-masing. Sehingga dirinya tidak mau ikut campur soal deklarasi Ganjar oleh PSI.

"Urusan rumah tangga orang," tegasnya.

Sebelumnya, PSI mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengeklaim bahwa terpilihnya nama Ganjar merupakan hasil forum Rembuk Rakyat yang sudah diselenggarakan sejak akhir Februari 2022.

Dia menjelaskan, Rembuk Rakyat ini untuk menjaring capres untuk melanjutkan kepemimpinan Joko Widodo, dilakukan oleh dewan pimpinan pusat dan pengurus daerah bertemu dengan para tokoh di daerah untuk mendengar aspirasi soal calon presiden.

"Dari hasil Rembuk Rakyat itu, kami mengumumkan bahwa Partai Solidaritas Indonesia akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI di tahun 2024," kata Grace dalam konferensi pers, Senin (3/10) sore.

"Sejak awal, Pak Ganjar atau akrab kami sapa Mas Ganjar, unggul dibandingkan kandidat lainnya," lanjutnya.

Grace juga menilai bahwa Ganjar politisi yang merakyat serta mengerti aspirasi dan pola komunikasi kaum muda, terbukti dari cara politikus PDI-P itu mengoptimalkan penggunaan media sosialnya.

"Meskipun memang Mas Ganjar bukan kader PSI, tetapi PSI berkomitmen mendukung kandidat terbaik," ujarnya.