sejauh ini kenaikan tarif tol menunggu amendemen dari BPJT.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menaikkan kembali tarif tol tahun ini. Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan penyesuaian tarif tol memang rutin dilakukan setiap dua tahun.

Danang mengatakan, sejauh ini kenaikan tarif tol menunggu amendemen dari BPJT.

"Kita sudah ada beberapa yang diproses, ini menunggu tanda tangan amendemen. Beberapa kan penyesuaian tarif itu menunggu amandeman BPJT, yang insya Allah akan kita lakukan pada hari jumat ini," kata Danang.

Ia mengatakan, setelah amendemen BPJT ditandatangani, nilai investasi jalan tol akan muncul sehingga tarif baru akan menyesuaikan.

Diungkapkan, saat ini, ada 69 ruas jalan tol yang beroperasi. Adapun kenaikan tarif tol biasanya dilakukan setiap dua tahun sekali.

"Iya amendemen BPJT dulu setelah itu baru ada penyesuaian tarif kan BPJT kan ada nilai investasi baru nanti kan berapa tarifnya ada," ujarnya.

Adapun mengutip dari laman resmi BPJT, dari 80 jalan tol yang ada di Indonesia, ada sebanyak 69 tol yang beroperasi. Dalam aturan resminya, setiap dua tahun sekali ruas jalan tol akan mengalami penyesuaian tarif yang disesuaikan dengan inflasi tahunan.

"Itu kan setiap dua tahun sekali kan [penyesuaian tarif]. Jadi kalau setiap tahun ini kira-kira separuhnya, sekarang kan sudah kuartal ketiga, mungkin tidak sampai 36 tol," ungkapnya.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Pantja Dharma Oetojo mengatakan akan ada 11 ruas jalan tol yang dijadwalkan akan melakukan penyesuaian tarif hingga akhir tahun mendatang.

"Ada 11 rencana penyesuaian tarif tol sampai dengan akhir tahun," katanya kepada Bisnis.

Diberitakan sebelumnya, sepanjang tahun ini sejumlah ruas jalan tol yang telah mengalami penyesuaian tarif di antaranya adalah Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Jalan Tol Gempol-Pandaan, Jalan Tol Soreang-Pasir Koja, Jalan Tol Cikampek Palimanan, dan Jalan Tol Pondok Aren-Serpong.

Sementara itu, ruas-ruas yang telah dijadwalkan untuk penyesuaian tarif di antaranya adalah Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi, Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Tangerang-Merak,dan Jalan Tol Pandaan-Malang.