Kemudian untuk poros ketiga, Pangi melihat kemungkinan koalisi Gerindra dengan PKB dan PDIP akan terbentuk pada waktu-waktu akhir jelang pendaftaran capres-cawapres 2024

Koalisi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, diyakini akan terbentuk dalam 4 poros yang bakal mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden yang mereka jagokan.

Analisis tersebut disampaikan Pendiri Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyusul pengumuman nama Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden (capres) oleh Partai NasDem di NasDem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (03/10/2022).

Pangi Syarwi Chaniago menilai, NasDem kemungkinan akan berkoalisi dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mengusung Anies. Hanya saja, Pangi Syarwi Chaniago melihat sejumlah tokoh yang kemungkinan akan dipilih Anies sebagai opsi untuk mendampinginya menjadi calon wakil presiden (cawapres) 2024, mengingat Gubernur DKI Jakarta itu diberikan kewenangan penuh oleh NasDem untuk menentukannya.

"Poros pertama yang terdiri dari partai NasDem, Demokrat, dan PKS yang akan mengusung Anies-AHY atau Anies-Khofifah atau Anies-Ahmad Heryawan," ujar Pangi, Kamis (06/10/2022).

Lebih jauh dikatakannya, kepastian cawapres yang akan mendampingi Anies akan bisa dilihat saat dideklarasikan parpol koalisi pengusung pada 10 November 2022 mendatang. Setelah itu, Pangi meyakini akan ada kubu koalisi lain yang juga akan mengumumkan jagoannya untuk bertanding di Pilpres 2024 mendatang.

"Untuk poros kedua Ioalisi Indonesia Bersatu (KIB) Golkar-PPP-PAN (kemungkinan) akan mengusung capres Ganjar- Airlangga," tuturnya.

Kemudian untuk poros ketiga, Pangi melihat kemungkinan koalisi Gerindra dengan PKB dan PDIP akan terbentuk pada waktu-waktu akhir jelang pendaftaran capres-cawapres 2024.

"Mereka akan mengusung Prabowo-Puan. Atau ada kemungkinan poros keempat yaitu PDIP maju sendiri, artinya akan ada 3 sampai 4 poros koalisi pada pilpres 2024," ucapnya.

Namun sejauh ini, Pangi baru melihat dua capres kuat yang bersiap maju di kontestasi Pilpres 2024.

"Setidaknya kita sudah punya 2 gambaran capres yakni Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, dengan pengumuman lebih awal capres dan parpol koalisi pengusung. Tentunya masyarakat punya waktu lebih luang untuk mencermati rekam jejak capres/cawapres 2024," tutup Pangi Syarwi Chaniago.

 

Sumber: RMOL