Produk kecantikan dan perawatan Indonesia berpotensi besar di Nigeria. Diharapkan pelaku usaha Indonesia mau menyediakan materi promosi dan juga waktu untuk berinteraksi dengan calon pembeli sesuai waktu pelaksanaan pameran

Indonesia terus mempromosikan produk kecantikan untuk menembus pasar nontradisional, seperti Nigeria. Kali ini, partisipasi Kementerian Perdagangan melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos meraup pembelian USD 106 ribu dalam pameran dagang internasional Beauty West Africa (BWA) pada 29 November-1 Desember 2022 di Landmark Centre Lagos, Nigeria.

"Selama tiga hari penyelenggaraan, pengunjung stan ITPC Lagos menyampaikan sejumlah inkuiri pembelian. Yang paling diminati yaitu vitamin rambut Ellips, pasta gigi Sasha, dan Lola Remedios dari PT Kino Cares sebesar USD 46 ribu; tisu basah Tirta Ayu Spa USD 50ribu; dan salep Hot in Cream dari PT Ultra Sakti USD 10 ribu. Tercatat juga sejumlah perusahaan yang berminat menjadi pewaralaba Tirta Ayu Spa di beberapa kota di Nigeria,"jelas Kepala ITPC Lagos Hendro Jonathan, Selasa (6/12).

Hendro menerangkan, tiga perusahaan Indonesia yang berpartisipasi menampilkan produk dan informasi pada pavilion ITPC Lagos yaitu PT Ultra Sakti dengan produk balsam, madu, dan minyak aroma terapi, PT Kino Care (serum rambut, pasta gigi, minuman kesehatan tubuh), dan Tirta Ayu Spa (produk kecantikan dan jasa spa). Selain itu, juga CV Kencana Sejahtera Mandiri asal Purbalingga dengan produk rambut imitasi dan produk herbal milik UKM.

Di sela-sela pameran, Duta Besar RI di Abuja Usra Hendra Harahap menyerahkan Piala Primaduta 2022 kategori Importir Jasa Terbaik di Dunia kepada CEO Tirta Ayu Spa Nigeria Iyadunni.

"Kedutaan Besar RI (KBRI) Abuja mengapresiasi upaya promosi produk kecantikan hingga ke Nigeria dan juga Kamerun, Ghana, hingga Afrika Selatan. Diharapkan semakin banyak rekanan bisnis jasa Indonesia hadir di Nigeria dan kawasan Afrika Barat,"ujar Usra.

ITPC Lagos juga mengadakan seminar penjajakan kesepakatan bisnis (business matching) di sela-sela BWA. Hal ini sebagai upaya tambahan promosi perusahaan Indonesia yang mengikuti pameran untuk dapat memberikan informasi lebih detil melalui paparan dan sesi tanya jawab dalam seminar tersebut. 

"ITPC Lagos tidak hanya memfasilitasi dengan paviliun kepada pelaku usaha Indonesia dan pemenang Primaduta 2022, tapi kami juga memberikan seminar penjajakan kesepakatan bisnis khusus promosi kepada calon pembeli. Tirta Ayu Spa Nigeria merupakan kisah sukses kolaborasi antara perusahaan Indonesia dan Nigeria sertamenjadi inspirasi bagi para peserta seminar untuk dapat berbisnis dengan Indonesia,” sambung Hendro.

BWA adalah pameran dagang internasional yang menampilkan produk kecantikan dan perawatan tubuh terbesar di Afrika Barat. Hingga hari ketiga, penyelenggaraan BWA dihadiri 2.500 pengunjung hadir dari seluruh negara bagian di Nigeria dan sebagian dari negara-negara Afrika Barat lainnya. 

BWA 2022 menampung 300 peserta pameran dari perusahaan Nigeria, Indonesia, Prancis, Dubai, Korea Selatan, India, Pakistan, Afrika Selatan, Ghana, dan Malaysia. 

Upaya promosi produk Indonesia termasuk UKM oleh perwakilan perdagangan di luar negeri pada pameran dagang internasional seperti BWA di Lagos, Nigeria merupakan bukti bahwa peluang produk Indonesia tetap terbuka dan diminati pembeli Nigeria.

"Produk kecantikan dan perawatan Indonesia berpotensi besar di Nigeria. Diharapkan pelaku usaha Indonesia mau menyediakan materi promosi dan juga waktu untuk berinteraksi dengan calon pembeli sesuai waktu pelaksanaan pameran," pungkas Hendro.

Berdasarkan data Trademap, total nilai impor produk food HS 3304 (Beauty or make-up preparations and preparations for the care of the skin, incl. sunscreen or suntan preparations(excluding medicaments); manicure or pedicure preparations) Nigeria dari dunia pada 2021 mencapai USD 19juta. Malaysia menjadi satu-satunya negara ASEAN yang menjadi 20 besar pengekspor produk HS 3304 ke Nigeria.