Hannover Messe merupakan pameran industri yang terbesar di dunia yang setiap tahun diselenggarakan di kota Hannover, di mana rata-rata dihadiri 225.000 pengunjung dan diikuti perusahaan besar dari seluruh dunia

Indonesia akan kembali melanjutkan partisipasi sebagai Official Partner Country pada pameran teknologi industri terbesar di dunia, Hannover Messe 2023, setelah sebelumnya di tahun 2021 juga menjadi Official Partner Country. Penyelenggaraan Hannover Messe pada tahun 2021 sendiri dilakukan sepenuhnya secara digital, karena tidak memungkinkan melaksanakan pameran secara fisik pada kondisi pandemi Covid-19.

Kehadiran dan partisipasi kembali Indonesia sebagai Partner Country menegaskan pentingnya pemanfaatan event ini bagi Indonesia untuk dapat menampilkan wajah Indonesia dalam kancah pameran industri global, khususnya dalam upaya transformasi ekonomi, pemulihan ekonomi pasca pandemi, serta showcase atas keunggulan, capaian, dan resiliensi  sektor industri nasional.

“Sebagaimana kita ketahui, sektor industri ini kalau kita bicara perekonomian, itu share-nya paling besar. Kalau kita lihat, kontribusi terhadap PDB berdasarkan lapangan usaha di Q3-2022 kemaren, 17,88%, masih terbesar dibandingkan sektor atau lapangan usaha yang lain, dan pertumbuhannya masih cukup bagus, masih di 4,83%,” ungkap Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam Press Conference Partisipasi Indonesia Partner Country Hannover Messe 2023, Selasa (6/12).

Lebih lanjut, Sesmenko Susiwijono mengatakan bahwa Hannover Messe merupakan pameran industri yang terbesar di dunia yang setiap tahun diselenggarakan di kota Hannover, di mana rata-rata dihadiri 225.000 pengunjung dan diikuti perusahaan besar dari seluruh dunia. Di tahun 2023, Hannover Messe akan diselenggarakan pada 17 s.d. 21 April mendatang dimana Indonesia berencana untuk mendatangkan sekitar 150 exhibitor.

“Dengan masih adanya pandemi yang belum selesai, kemudian tensi geopolitik dan berbagai tantangan perekonomian global serta beberapa hal yang dipredisikan di tahun 2023 semakin berat, kita yakin melalui Hannover Messe ini, justru akan mendorong posisi Indonesia terutama di berbagai forum internasional dan juga akan mendatangkan manfaat nyata. Nanti para pelaku usaha, pelaku industri, dan asosiasi mengadakan berbagai pertemuan di forum Hannover Messe dan diharapkan disana ada semacam business deal. Ada kesepakatan-kesepakatan bisnis yang menjadi oleh-oleh nyata dari event Hannover Messe dan kita berharap banyak akan mendorong perekonomian nasional kita,” ujar Sesmenko Susiwijono.

Kehadiran Indonesia sebagai Official Partner Country di Hannover Messe 2023 juga menunjukkan perhatian dan harapan besar dari pihak penyelenggara dan Pemerintah Jerman, mengenai arti penting peran dan posisi Indonesia dalam kancah perekonomian global, khususnya di sektor industri, serta dapat memperkuat hubungan kerja sama Indonesia dengan Jerman.