Untuk menghadapi persaingan di pasar global yang semakin kompetitif, diperlukan kreativitas dan inovasi yang ditunjang dengan desain yang sesuai tren dan selera di pasar tujuan

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkapkan, desain menjadi salah satu kunci penting dalam peningkatan nilai tambah dan daya saing produk di era persaingan perdagangan global. Untuk memenangkan persaingan global, diperlukan kreativitas dan inovasi yang ditunjang dengan desain yang sesuai tren dan selera di pasar tujuan. 

Hal ini disampaikan Mendag Zulhas dalam acara penganugerahan penghargaan Good Design Indonesia (GDI) 2022 yang digelar di Jakarta, pada Kamis (8/12).  

"Desain menjadi salah satu pemegang kunci penting dalam peningkatan nilai tambah dan daya saing produk. Desain tidak hanya berfungsi menambah estetika produk, tetapi juga dapat menjadi solusi atas kebutuhan konsumen. Selain itu, untuk menghadapi persaingan di pasar global yang semakin kompetitif, diperlukan kreativitas dan inovasi yang ditunjang dengan desain yang sesuai tren dan selera di pasar tujuan,"kata Mendag Zulhas.

Pada acara ini, Mendag Zulhas menyerahkan penghargaan kepada 50 pemenang penghargaan GDI 2022. Pemenang terbagi dalam tiga kategori yakni GDI of The Year, GDI Best Design, dan GDI Good Design. GDI of The Year diberikan kepada 1 produk, predikat Best Design diberikan kepada 10 produk, dan predikat GDI Good Desain diberikan kepada 40 produk. 

Pemenang GDI of The Year diberikan kepada Bata Interlock Reka Brock. Produk ini merupakan produk batu bata dengan teknologi saling mengunci (interlocking). Teknologi batu bata ini dapat menghemat waktu dan biaya pembangunan rumah sebab mengeliminasi bahan perekat dan tenaga ahli. Masyarakat umum dapat melihat langsung 50 produk peraih GDI pada 6-9 Desember 2022 di Indonesia Design Development Center (IDDC) yang beralamat di Jl. Letjen S. Parman KAV 112, Jakarta Barat. 

Mendag Zulhas mengapresiasi seluruh pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaran GDI 2022. Apresiasi khususnya disampaikan kepada Japan Institut of Design Promotion (JDP), JETRO, Dewan Pengarah, serta Tim Juri GDI 2022. 

"Saya mengapresiasi dedikasi, kolaborasi, dan kerja samanya dalam GDI 2022. Ke depan, pada GDI 2023 saya berharap kita kembali dapat memperkuat sinergi untuk penguatan ekspor Indonesia pascapandemi,"ujar Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas berkomitmen untuk mengakselerasi peningkatan daya saing dan nilai tambah produk ekspor melalui pengembangan desain. Untuk itu, Kementerian Perdagangan telah melaksanakan berbagai program pengembangan desain.

Selain GDI, beberapa program utama diantaranya Klinik Desain dan Kemasan, Pendampingan Desain atau Designers Dispatch Service (DDS), Fasilitasi Sertifikasi, serta Pengembangan Merek. Selain itu, Kementerian Perdagangan juga memiliki wadah yaitu Indonesia Design Development Center (IDDC) yang telah diresmikan pada tahun 2016. 

“Melalui berbagai program tersebut, diharapkan semakin banyak produk Indonesia yang meraih penghargaan desain baik didalam maupun di luar negeri. Hal ini akan semakin mengukuhkan posisi Indonesia sebagai negara penghasil produk dengan kualitas yang baik,”lanjut Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang GDI dan G-Mark 2022. 

“Teruslah berinovasi untuk menciptakan produk-produk berkualitas, berdaya saing dan berorientasi ekspor, hingga akhirnya dapat berkontribusi dalam peningkatan ekspor non-migas Indonesia. Kami nantikan karya Anda selanjutnya di GDI 2023,”tandasnya.