Dalam rangka mendorong debitur baru KUR dan mendukung UMKM naik kelas, Pemerintah menargetkan jumlah debitur baru paling sedikit 1,76 juta debitur dan debitur graduasi paling sedikit 2,36 juta debitur di tahun 2023

Pemerintah melalui Komite Kebijakan Pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus berupaya untuk menghasilkan kontribusi pertumbuhan ekonomi yang lebih optimal. Salah satu kuncinya adalah dengan memberdayakan UMKM melalui peningkatan akses permodalan usaha berupa penyediaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Peningkatan akses pembiayaan bagi UMKM selaras dengan momentum bonus demografi yang sedang dialami Indonesia sampai dengan tahun 2030 mendatang. Indonesia dapat memanfaatkan momentum ini secara optimal agar dapat bertransformasi dari negara kelas menengah menjadi negara maju. Indonesia juga perlu terus berupaya untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, salah satu kuncinya adalah mendorong UMKM dengan penyediaan KUR.

Untuk mencapai target penyaluran KUR, yang pada tahun 2023 ditingkatkan menjadi Rp450 triliun atau sesuai dengan kecukupan anggaran subsidi KUR pada APBN, diperlukan sinergi dan dukungan dari berbagai pihak, baik Pemerintah Daerah, pelaku UMKM, Penyalur KUR, Penjamin KUR, asosiasi, akademisi, maupun BPJS Ketenagakerjaan. Salah satu bentuk sinergi dimaksud yakni melalui pelaksanaan kegiatan KUR Festival.

Kegiatan KUR Festival ini diharapkan dapat memberikan sharing informasi KUR kepada UMKM. Kegiatan KUR Festival Super Gen-Creation ini berlangsung selama 2 hari pada 17- 18 Maret 2023 di Gedung Sate, Kota Bandung. Sesuai dengan tema kegiatan ini ”Anak Muda Sejahtera Bersama KUR”, Pemerintah mendorong UMKM di Indonesia, utamanya di wilayah bandung, untuk mengakses pembiayaan KUR dan ”naik kelas” skala usahanya.

“Saya terus mendorong upaya agar generasi muda dapat terus mengembangkan kompetensi, produktifitas, dan juga menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Peningkatan kewirausahaan di kalangan generasi muda, termasuk para santri dan Ibu Rumah Tangga, dapat mendorong agar generasi muda bisa terus menciptakan lapangan kerja dan memperkuat resiliensi perekonomian keluarga,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan sambutannya secara virtual pada kegiatan KUR Festival tersebut, Sabtu (18/03).

Dalam kegiatan ini, Pemerintah bersama para Penyalur KUR, Penjamin KUR, dan BPJS Ketengakerjaan memperkenalkan kepada generasi muda secara umum, dan pelaku UMKM secara khusus, mengenai kebijakan dan penyaluran KUR yang mudah dan murah. Dalam rangka mendorong debitur baru KUR dan mendukung UMKM naik kelas, Pemerintah menargetkan jumlah debitur baru paling sedikit 1,76 juta debitur dan debitur graduasi paling sedikit 2,36 juta debitur di tahun 2023.

Menko Airlangga tentunya berharap kegiatan KUR Festival ini dapat mendorong seluruh generasi muda, khususnya di Kota Bandung dan sekitarnya, untuk dapat meningkatkan kompetensi dan jiwa entrepreneurship serta bisa memanfaatkan fasilitas KUR yang telah disediakan oleh Pemerintah.

“Selanjutnya juga saya berharap bahwa semakin banyak penerima KUR bisa naik kelas, dan tentunya akses pembiayaan yang mudah dan murah untuk terus kita dorong bersama. Tentunya dengan kegiatan ini, perekonomian Indonesia akan semakin tangguh, dan kita bisa membangun masa depan untuk para generasi muda,” pungkas Menko Airlangga.