Pola gerak harga Bitcoin kini sangat rentan untuk segera berbalik membentuk tren jual jangka menengah.

Sesi perdagangan di masa lebaran tahun ini nampaknya justru menjadi mimpi buruk bagi investor di pasar Cryptocurrency. Laporan menyebutkan, gerak harga mata uang digital yang paling terkemuka, Bitcoin yang justru terhempas tragios saat jatuhnya masa lebaran.

Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, berulangkali harga Bitcoin yang berupaya untuk menembus level psikologisnya di kisaran $9.000, namun gagal hingga kahirnya terjatuh dalam kisaran tajam. Gerak harga Bitcoin  tercatat hanya mampu mencetak harga termahalnya di kiaran $8947,96 pada sesi 27 Mei lalu, namun  setelahnya gerak harga terlihat cenderung terkoreksi hingga sesi perdagangan hari ini, Jumat (7/6).

Serrangkaian situasi teknikal kini telah mulai berubah akibat dari gerak koreksi yang terjkadi konsisten dalam lebih dari dua pekan sesi perdagangan terakhir. Grafik harian terkini berikut memberikan gambaran ringkas situasi teknikal dari gerak harga Bitcoin:

Tren penguatan jangka menengah akhirnya kini telah usai. Akibat dari gerak turun curam yang tejadi secara konsisten sejak sesi 2 Juni lalu, indikator garis MA-Signal kini telah menembus ke bawah batas teknikal psikologisnya. Situasi teknikal demikian menandakan gerak naik lebih lanjut bagi Bitcoin telah berakhir. Dan gerak harga kini berada dalam fase ketiadaan tren.

Tekanan jual juga mulai tumbuh, dengan ditunjukkan beralihnya titik P-Sar ke atas candle sejak sesi perdagangan 4 Juni lalu.  Posisi harga terkini Bitcoin yang di kisaran $7.823,46 kini telah menyiratkan peluang untuk segera  berbalik membentuk tren jual jangka menengah. Untuk dicatat, Tren jual jangka menengah Bitcoin akan terjadi bila gerak harga Bitcoin mampu konsisten di bawah kisaran $7.824 dalam 7 hari sesi perdagangan ke depan. Kisaran harga terkini yang di $7.823,46, menunjukkan peluang yang mulai terbuka bagi Bitcoin untuk membentuk tren jual jangka menengah.

Masa lebaran kali ini, nampaknya justru menjadi berakhirnya masa bahagia bagi harga Bitcoin yang telah menanjak fantastis sejak sesi perdagamgan Maret lalu. Dan penurunan curam yang terjadi dalam dua pekan sesi terakhir, bukanlah jaminan bahwa harga terendah telah tercetak untuk berbalik naik kembali. Sangat mungkin masa suram harga Bitcoin akan berlanjut tanpa diduga sebagaimana sebelumnya.    

Happy Trading.