Pemerintah Meksiko terlihat sangat berambisi untuk mengamankan peluang ekonomi dari pindahnya sejumlah besar perusahaan asal China.

Tensi dagang yang memanas antara AS-China sudah tentu menciptakan peluang bagi sejumlah negara  untuk merebut pasar yang ditinggalkan China di Amerika Serikat.  Dan sejumlah negara yang  memiliki potrensi besar akibat lokasinya yang bertetangga dengan AS serta memilkiki sumber daya manusia yang cukup tentu kini sedang sangat diuntungkan.

Meksiko, yang merupakan negara tetangga AS dan memiliki sumber daya manusia yang lumayan nampaknya sedang berambisi untuk  memanfaatkan pecahnya perang dagang AS-China.  Serangkaian   laporan terkini menyebutkan,  sejumlah besar perusahaan yang selama ini berbasis di China dan menyasar pasar AS yang kini telah menjajaki untuk memindahkan basis operasinya di Meksiko.

Lokasi Meksiko yang terbilang sangat dekat dengan AS menjadi pertimbangan yang sangat menentukan. Bila basis produksi perusahaan mereka dipindah ke Meksiko, maka pengiriman produk menuju oasar AS akan menjadi sangat murah dan sekaligus menghemat waktu dalam jumlah cukup besar. Salah satu perusahaan terkemuka yang sedang menjajaki perpindahan ke Meksiko adalah LG electronic. Perusahaan elektronik asal Korea Selatan tersebut disebutkan akan segera memindah basis produksinya ke Meksiko dari China.

Lokasi Meksiko dinlai sebagai keuntungan yang sangat besar untuk menjangkau pasar AS bahkan ketimbang China.   Banyaknya perusahaan yang berniat memindahkan lokasi produksinya ke Meksiko ini tentu akan menjadi peluang sangat besar bagi perekonomian Meksiko. Sementara terkait dengan ancaman Presiden AS Donald Trump sebelumnya untuk mengenakan tarif masuk atas produk asal Meksiko sebesar 5%, di nilai tidak akan berpengaruh, karena nilai tukar mata uang Meksiko, Peso yang telah terdepresiasi cukup dalam.

Meski demikian, mempertimbangkan banyak hal lainnya, nampaknya pemerintah Meksiko berupaya keras untuk menghindari  perang dagang dengan AS. Mengingat perang dagang yang telah pecah antara AS dan China telah membuka peluang besar bagi Meksiko untuk meningkatkan kinerja perekonomiannya secara tajam. Beralihnya sejumlah besar perusahaan yang selama ini berbasis di China ke Meksiko untuk menyasar pasar AS yang sangat dekat, merupakan peluang ekonomi yang sangat langka, dan Meksiko terlihat sangat berambisi untuk tidak kehilangan momentum tersebut.  

Cepatnya perunding Meksiko meraih kesepakatan dengan pemerintahan Trump beberapa jam lalu, yang sekaligus menghindarkan diri dari pengenaan tarif masuk, sangat mungkin merupakan upaya lebih mengamankan peluang ekonomi dari perpindahan sejumlah perusahaan besar asal China.