Launching & Sosialisasi Pengelolaan Website Sirumung Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Majene.

Lazimnya sebuah rancangan prodak hukum yang disusun hingga menjadi sebuah perda,  maka keterlibatan masyarakat menjadi hal yang tidak boleh di nafikkan. Masyarakat berhak memberikan masukan secara lisan maupun tulisan sesuai dengan Ketentuan  pasal 96 undang-undang Nomor 12 Tahun 2011.

Diera digitalisasi saat ini, media sosialisasi tidak hanya dalam bentuk konvensional semata, namun menggunakan teknologi sebagai media yang cepat dan efisien. Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Majene melalui Kabag Hukum Setda Faudzan memperkenalkan Inovasi “Sirumung” atau Sistem Informasi Hukum Unggulan, merupakan website prodak hukum yang dapat diakses oleh semua pihak. Dalam Bahasa Mandar  juga disebut berkumpul. Jika dikaitkan antara keduanya maka ciri umumnya sebuah sistem / wadah untuk berkumpul dalam memberikan informasi hukum kepada masyarakat. “website SIRUMUNG ini didukung oleh Pemkab Majene, Biro Hukum Sulbar, Kanwil hukum dan HAM Sulbar, Radio RAM FM, Media Cetak & Media On Line lainya” terang Faudzan saat Launching  website “SIRUMUNG” Senin 8 Juli 2019, bertempat di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Majene.

Inovasi yang juga merupakan proyek perubahan Diklat PIM yang di ikuti oleh Kabag Hukum Setda tersebut, mendapat apresiasi dari Bupati Majene Fahmi Massiara. Ia  mengatakan penyampaian informasi hukum dalam bentuk manual kepada masyarakat  selama ini belum mampu memberikan pelayanan informasi hukum yang efektif, khususnya dalam mensosialisasikan rancangan produk hukum daerah secara kepada masyarakat. Menyikapi  bervariasinya kebutuhan yang memerlukan pelayanan cepat, tepat dan berkualitas, salah satu langkah alternatif yang dilakukan adalah dengan pelayanan berbasis teknologi informasi. “ Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi telah merubah wajah pelayanan publik berbasis teknologi yang merupakan inovasi pelayanan yang cepat dan tepat yang pada dasarnya sistem informasi diarahkan untuk meningkatkan aksesibilitas atau kemudahan dalam memperoleh kualitas informasi dan pengembangan manajemen organisasi serta lebih kepada upaya pendekatan pelayanan.” Ungkapnya.

Ia juga berharap dengan inovasi SIRUMUNG ini akan semakin mendekatkan ruang pemerintah dengan masyarakat, sehingga terjadi interaksi timbal balik dalam proses pembentukan produk hukum daerah di Majene.

Fahmi Massiara juga mengusulkan agar semua judul inovasi yang diajukan oleh para peserta Diklampim didaftarkan di Balitbang. Agar Proper tersebut dapat berlanjut dan menjadi kajian.  “ sudah banyak judul yang telah sosialiasikan oleh apakah  masih dilaksanakan atau sudah mati suri? ini yang harus kita jaga” sebutnya.

Selain Bupati Majene, Lounching tersebut juga di hadiri Sekertaris Daerah Majene, Para Pimpinan OPD, Para Camat, Para Kabag, PDAM Majene dan Lurah.