Gibran memiliki popularitas tertinggi mencapai 90 persen. Sedangkan adiknya, Kaesang, memiliki popularitas 86 persen.

Dua putra Presiden Joko Widodo yakni Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep masuk dalam radar survei untuk bursa pemilihan Wali Kota Surakarta. Mereka bersaing dengan Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo.

Hal tersebut terlihat dari survei yang digelar Universitas Slamet Riyadi. Dalam survei tersebut, Gibran memiliki popularitas tertinggi mencapai 90 persen. Sedangkan adiknya, Kaesang, memiliki popularitas 86 persen.

"Dari total jumlah responden, 90 persen mengenal Gibran," kata Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Surakarta Suwardi.

Dengan angka yang sama juga muncul nama Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Surakarta saat ini. Sementara nama Kaesang muncul di urutan ketiga. "Di urutan ketiga adalah Kaesang dengan persentase popularitas 86 persen," ujar Suwardi.

Survei tersebut dilakukan di 96 titik lokasi dengan 8 responden di masing-masing titik. Survei menguji tiga kategori, yaitu popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas.

Selain Gibran, Kaesang, dan Achmad Purnomo, tidak ada nama lain yang mendapat angka popularitas signifikan di atas 50 persen. Bahkan, Ketua DPRD Kota Surakarta Teguh Prakosa berada di urutan keempat dengan tingkat pengenalan hanya 49 responden.

Meski menang dari sisi popularitas, Gibran dan Kaesang masih tertinggal dari sisi akseptabilitas dan elektabilitas. Dari kategori akseptabilitas, Achmad Purnomo menempati peringkat tertinggi dengan persentase 83 persen, diikuti Gibran dengan persentase 61 persen, dan Teguh dengan 49 persen.

Dari segi elektabilitas, Achmad Purnomo juga masih menempati urutan pertama dengan angka 38 persen, diikuti Gibran dengan 13 persen, dan Teguh Prakosa dengan angka 11 persen.