Thomas Lembong mengakui data itu didasarkan dari riset Google dan Temasek.

Pernyataan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong soal 4 unicorn RI diklaim Singapura membuat heboh. 4 Unicorn itu adalah Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka.

Pernyataan itu disampaikan Thomas Lembong dalam pengumuman capaian investasi semester I-2019 di Kantor BKPM, Jakarta, Selasa (30/7). Thomas mengakui data itu didasarkan dari riset Google dan Temasek.

"Kalau kita lihat riset oleh Google dan Temasek yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi digital ASEAN, malah 4 unicorn kita diklaim sebagai unicorn mereka (Singapura)," kata Thomas Lembong.

Pernyataan Tom Lembong ini pun menuai respons dari unicorn tersebut. Tokopedia menyatakan tidak memiliki perusahaan induk di negara lain. Sementara Gojek buka suara menegaskan identitasnya sebagai perusahaan Indonesia.

Lantaran membuat heboh, pria yang akrab disapa Tom itu langsung membuat klarifikasi lewat akun Twitter resminya @tomlembong

"Maaf & ralat: tokopedia dan bukalapak sudah klarifikasi ke saya, gojekindonesia sudah klarifikasi ke publik: mereka tidak pakai induk perusahaan di Singapura, tapi sepenuhnya PT PMA di Indonesia," ujar Tom Lembong lewat akun Twitternya.

Mantan Menteri Perdagangan itu mengakui terlalu jauh mengomentari hasil riset Google dan Temasek.