Pasar Rakyat yang sesuai SNI harus dikelola secara manajemen yang baik agar berkelanjutan

Kabupaten yang baru menginjak 17 tahun ini, pemekaran dari Kabupaten Musi Banyuasin berdasarkan UU No. 6 Tahun 2002), merupakan kabupaten yang paling dekat dengan Kota Palembang. 

Pemkab Banyuasin bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan RI sedang membangun Pasar Rakyat Banyuasin yang berlokasi tidak jauh dari pusat wilayah dan akses jalan lintas timur Sumatra dari arah Palembang menuju Jambi, ungkap Hery Amirul, Kepala Bidang Pasar Banyuasin. Target kami pasar rakyat ini bisa beroperasi tahun 2020, lanjutnya.

Setelah sehari sebelumnya bersama Tim Gubernur Sumatera Selatan mengunjungi eksportir karet, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Kantor Layanan Teknis BSN Wilayah Palembang berkunjung ke Dinas Disperidagkop dan UKM Kabupaten Banyuasin (30/7) guna menindaklanjuti harapan dan keinginan dari Drs. H. Lukman, Kepala Dinas Disperindagkop dan UKM Banyuasin agar Pasar Rakyat di Banyuasin bisa menerapkan SNI Pasar Rakyat. 

Keinginan tersebut diuatarakannya pada saat menghadiri acara Sosialisasi SNI Pasar Rakyat di Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan

Pemkab Banyuasin juga berharap nantinya jika SNI pasar rakyat diterapkan disini, membuat kesan jorok dan kumuh yang sering ada di pasar tradisional menghilang kemudian akan meningkatkan persaingan pasar tradisional dengan pasar modern yang sudah mulai menjamur, dimana keberlangsungan pasar tradisional menjadi tanggung jawab Bupati dan Dinas terkait yang ada di Kabupaten Banyuasin, serta Pasar Rakyat Banyuasin ini bisa menjadi pasar tradisional yang terkenal di Sumatera Selatan tutupnya.

Sementara itu KLT BSN Wilayah Palembang yang di wakilkan oleh Antony Achmad Fathony, selain memperkenalkan profil KLT kepada disperidagkop juga menjelaskan dari sisi persyaratan teknis dan juga langkah awal pembinaan SNI Pasar rakyat, yang pertama dibutuhkan adalah komitmen dari semua pihak yang terkait karena Pasar Rakyat yang sesuai SNI harus dikelola secara manajemen yang baik agar berkelanjutan, sehingga keberadaan pasar rakyat memberikan dampak positif secara ekonomi, sosial dan lingkungan.